5 HARI TAK CUKUP

Posted: Januari 9, 2013 in Uncategorized

Hari itu iseng ngeliat foto profil G talk-nya novika pas di kantor. Dia adik kelasku semasa SMA. Kayanya kok bagus bener spotnya. Nanyalah ke dia itu background foto dimana?dia jawab di karimun jawa. Wah, seneng traveling ini bocah kupikir karena sebelumnya pernah liat foto2nya di singapur pas nongol di timeline twitter/facebook. Berlanjutlah chatting hari itu sama si novika. Sampe akhirnya dia crita ada rencana explore jawa timur sama temen yang baru dia kenal pas di karimun jawa dalam waktu dekat. Pikir2 sekali dua kali langsung kusanggupi ajalah setelah nanya ada barengannya gak dari jakarta, karena posisiku waktu itu lagi kerja di Cikarang dan satu hal lagi, karena rencana backpacknya pas di bulan terahir aku bakal resign dari kantor. Ah kupikir pas banget nih pas udah free tugas nungguin hari terakhir kerja aja. Jadi sekalian aja ngabisin cuti. Lanjut soal barengan ternyata ada tiga orang yang mau backpacking bareng. Si novika cariin banyak info dan kasih kontak temen2 yang dari jakarta. Yasudah lanjut komunikasi lewat conference message di Facebook bareng semua calon backpacker. Rupanya cuma dua orang yang bakal berangkat dari jakarta karena yang satu cancel.
Tibalah di hari pemberangkatan. Deal meeting point di stasiun pasar senen. Sempet ngantor sebentar terus ijin home early sama boss. Alhamdulillah lancar2 saja dapet ijin karena beliau juga sudah tanda tangan surat resignku. hehe. Balik ke rumah ngambil tas punggung langsung cabut ke terminal. Nunggu bentar langsung dapet dah itu bus yang langsung ke pasar senen. Karena takut terlambat rupanya aku berangkat terlalu cepet. Maklum baru pertama kali pula ke Senen, daripada kena macet kupikir masih ada cukup waktu kalo kejadian. Pas sampe di stasiun itu dua bocah yang dari jakarta masih pada santai di kosan. Haha, yasudahlah tak masalah. Sempet muter2 stasiun trus ke minimarket beli perbekalan makanan, minuman dan obat2an. Eh disamping minimarket ada warnet mau browsing sebentar sambil nunggu dua temen yang entah seperti apa rupanya gak jadi karena salah satu dari mereka sms kalo lagi di jalan ke stasiun. Syukurlah gak nunggu lama2. Ke lobilah akhirnya kutunggu mereka. Oiya aku belum pernah ketemu mereka sebelumnya. Jadi modalnya ya foto dari socmed aja. Gak lama mereka sms lagi udah nyampe dan posisi lagi ngopi2 di gerai makanan cepat saji. Okelah kususul mereka. Pas di lokasi eh ternyata mereka bertiga, dua cewe satu cowo. Gayanya gaul2 banget sob. Tiba2 berasa salah gaya paling rapi kaya mau ke kondangan. Hehe. Namanya Thiurma, Cora, satu lagi cowo lupa namanya bro. Hehe. Agak susah juga awalnya ngebaur sama mereka karena bawaan dari bayi aku kan pendiem bro jadi ya agak susah buka pembicaraan. Haha. Tapi ternyata mereka santai banget orang2nya walo tetep masih canggung, perlu waktu biar terbiasa. Selesai minum2 kami langsung menuju peron karena gak lama lagi kereta dateng. Jam enam sore berangkat dari senen. Oiya, keretanya waktu itu eksekutif jurusan Surabaya apa namanya lupa. Et.. backpack yang aneh kupikir, pakenya kereta eksekutif. Langsung dah mikir over budget ini pasti. hehe. Tapi karena aku gantiin yang cancel ya jadinya dapet harga spesial. Hehehe…lumayan. Eh rupanya si cowo tadi cuma nganter bawaain tasnya si Cora. Cem2annya sepertinya. Haha. Perjalanan total dari jakarta pasar senen sampe ke surabaya pasar turi 12 jam pas. Wah untung pake eksekutif, secara keamanan lebih terjaga. Security bolak balik terus sepanjang perjalanan, tidur nyenyak, nyaman dah. Jadi perjalanan panjang itu gak ngabisin energi. Kan gak lucu pas trip malah lemes kecapekan kalo pake ekonomi. Di waktu yang sama si novika jalan dari magelang pake bis ke surabaya. Kasiannya dia nyampe duluan banget. Sekitar jam empat subuh dia ngabarin udah nancep di terminal purabaya. Hehe.. untung udah make android, jadi bisa tau jarak kami dengan google latitude. Detail sampe jarak dan lama waktu tempuh. Minimal bikin dia tenang. Hehe. Pas jam enem pagi kami tiba di stasiun pasar turi. Rupanya ada satu lagi temen cora yang lagi di surabaya mau ikut jalan. Namanya Tri. Lumayan beberapa menit nunggu si Tri dateng sama supirnya, konyolnya dia gak bawa tas dan perbekalan. Jadi kami akhirnya ikut ke rumah Tri untuk ambil perbekalan. Tapi kebetulan juga sih bisa sambil numpang mandi dan bersih2. Beres, kami langsung menuju ke terminal purabaya. Kasian soalnya si novika nunggunya makin lama. Hehe. Sesampai di terminal langsung kontak2an dan ketemu. Padahal aku juga lama gak ketemu si adik kelas ini. Mungkin sekitar 8 tahun. Tapi ya tetep gampang dikenali karena sebelumnya sudah pernah lihat di PP. Syukurlah udah lengkap tim backpacking yang baru saling kenal ini. Kami berlima, dua laki2 tiga perempuan. Oiya sempet sarapan dulu dibayarin sama bapaknya Tri di terminal. Lumayaaaan ngurangin budget. Wakakaka. Kenyang, langsung cari bus. Sempet terjadi perdebatan di sana. Karena si cora ngebet pengen liat jembatan suramadu, sedangkan yang lain pengen langsung ke Bromo. Tapi kami tetep nurutin kemauannya. Nyoba nanya beberapa bus ternyata tidak ada yang bisa antar ke jembatan tersebut. Semua jurusan madura. Akhirnya si cora nyerah, lalu kami cari bis ke probolinggo. Susah juga cari bis ke sana. Karena rute tanggung sepertinya. Hampir sejam kami menunggu. Lagi-lagi bis yang ada bukan trayek yang kami ingini. Beberapa orang di terminal ada yang beri kami informasi bahwa memang jarang bis ke probolinggo. Mereka sarankan kami ikut yang jurusan Banyuwangi. Kami rayu salah satu awak bus jurusan banyuwangi untuk angkut kami ke probolinggo dengan tarif full rute akhirnya mau. Ah rese juga nih orang. Yasudah terpaksa kami ikut bis itu dari pada waktu terbuang banyak. Sekitar dua jam sampailah kami di terminal probolinggo. Hanya ada mobil carter yang kami lihat di sana. Kebanyakan bule2 yang pakai jasa itu. Tarifnya cukup mahal. Satu orang bisa 35rb lebih kalo gak salah. Untunglah salah satu teman ingat bahwa ada kendaraan Colt yang langsung sampai ke Bromo. Kami putuskan jalan kaki ke luar terminal. Benar ternyata kendaraan2 yang siap angkut ke bromo banyak berjejer di pinggir jalan. Tarifnya 25rb per orang sampai ke bromo. Langsung kami naik, kebetulan ketemu dengan rombongan backpack lain. Yuhuuu meluncur kami ke Bromo. Tidak lama, sekitar 45 menit sampai ke Bromo. Sang supir pun menawarkan jasa mencarikan penginapan dan jeep untuk ke penanjakan esok harinya. Satu dua penginapan kami cek dan gak cocok. Setelah cari2 sendiri akhirnya dapat. 100 ribu per kamar. Kami ambil dua kamar. Langsung beres2 dan mandi. Brrrrrr dingin buanget sob airnya. Tapi tak apalah karena badan sudah lengket seharian jalan. Selesai semua kami langsung cari makan.. Terpisah waktu itu, cewe2 jalan duluan karena udah gak tahan. Hehe.. Lalu aku sama Tri menyusul. Namun nihil gak dapet makanan. Hanya cewe2 aja yang makan mie Instan. Yasudah kami foto2 dulu mumpung bromonya terlihat jelas dari dekat penginapan. Bergaya masing2 tanpa komando…. kebetulan ada 3 kamera DSLR dan 2 pocket kamera yang kami bawa. Jadi gak mati gaya deh. Hehe. Baru setelah puas kami ke warung terdekat, dapet juga makan nasi. Alhamdulillah. Selesai kembali ke penginepan untuk Sholat. Nah, si cewe2 berulah untuk pertama kalinya ini. Kunci kamar mereka hilang. Keluarlah mereka menyusuri tempat2 yang tadi disinggahi. Beruntung, ketemu di tempat foto2 tadi. Mungkin terlalu banyak gaya tadi ya. Hahaha. Oh iya, ada sepasang suami istri yang kebetulan bareg satu penginapan dengan kami. Mereka friendly banget. Mereka juga yang bantu kami cari sewaan jeep, karena kondisi bromo saat itu cukup ramai jadi jeep-jeep udah disewa wisatawan lain. Kebanyakan wisatawan mancanegara. Tapi alhamdulillah berkat jasa mereka akhirnya dapet juga. Beberapa saat sebelum tidur kami sempatkan bercengkrama biar lebih akrab. Cerita tentang perjalanan seharian tadi. Ketawa-ketiwi sampai suhu udara pun makin dingin menusuk. Gak kuat lama2 kembali kami ke kamar masing2 untuk Istirahat. Karena jam 3 pagi kami sudah bakal dijemput sama jeep yg mau antar ke penanjakan. Tempat memantau sunrise. Alhamdulillah karena capek bisa langsung ngorok :D. Pas jam 3 kami dibangunin, siap petualangan ke penanjakan. Kenapa harus jam tiga pagi?karena perjalanan ke penanjakan cukup jauh, sekitar sejam. Sedangkan kami harus tiba pas subuh. Jeep parkir kami lanjut jalan beberapa ratus meter. Alhamdulillah ada warung yang jual minuman hangat. Karena mungkin kaget cuaca, kepalaku sempat pusing, mual dan hampir jackpot. Tapi untungnya pas mau ke toilet turun tangga langsung sembuh. Hamdalah. Lanjut Sholat subuh dulu karena warung nyediain mushola mungil, yang penting gak ninggalin kewajiban. Suhunya waktu itu sepertinya mendekati nol derajat. Dingin parah. Bajuku lapis empat masih tembus. Namum kami kurang beruntung, ada awan mendung yang menutupi sunrise. Ya tapi tetep aja keren banget pemandangannya. Serasa di luar negeri. Kebanyakan tourist eropa dan asia. Puas dengan puluhan foto kami pun kembali ke jeep. Beli jagung dulu buat isi perut. Jeep bawa kami ke bromo. Kami parkir kira2 satu kilo dari Bromo. Karena ada pager pembatas sehingga kami harus jalan kaki sampai puncak bromo. Melewati beberapa bukit pasir bekas letusan lalu naik ke tangga buatan. Nah disini paling lama ngantrinya. Lumayan bikin otot kaki kenceng. Yang gak kuat bisa naik kuda. Tapi hanyai sampai sebelum tangga buatan aja, selanjutnya harus jalan naik tangga. Nah di tangga buatan ini bagus bener viewnya, kalo ambil foto dari atas berasa kaya di tembok besar cina. Hehe. Nah, si tomboy cora udah paling depan aja sama mbak thiur. Naik ke puncak ga lewat jalur semestinya (jalur tangga), tapi lewat samping tangga alias bukit pasir. Dasar cora, tetep aja nyampek atas. Paling dikagumi dari bromo adalah hamparan tanah datar super luas lalu menjulang beberapa gunung kecil dan tersebar merata. Uniknya bromo sendiri dibanding gunung dan bukit lain adalah tidak adanya vegetasi sama sekali sedang bukit dan gunung lain tampak hijau merata. Pemandangan sejauh mata memandang benar-benar membuat kami bersyukur dan kagum atas ciptaan Allah. Puas ambil beberapa foto dari bawah sampai kawah kami kembali ke jeep. Sempet kebingungan nyari jeep soalnya itu jeep ternyata habis kluyuran. Mana hawanya udah mulai panas. Begitu jeep datang kami menuju ke objek terakhir yakni bukit yang terkenal dengan sebutan bukit tele tubbies. Karena bentuknya yang menyerupai setting film anak dengan judul yang sama. Di situ aku tak begitu tertarik karena kepala kembali pusing. Mungkin kelaparan. Hehe. Sedang teman2 lain asik mengambil gambar dengan background alam yang luar biasa keren. Setelah agak baikan tiduran di jeep aku bergabung dengan mereka. Kami foto bersama dibantu supir untuk mengambil gambarnya. Ah puas sekali rasanya. Kami kembali ke penginepan dan bersiap untuk turun gunung karena harus segera ke Gunung ijen, spot wisata berikutnya yang ingin kami kunjungi di jawa timur. Dengan kendaraan yang sama perjalanan dilanjutkan kembali ke terminal terdekat, terminal probolinggo untuk kemudian ganti bis ke arah bondowoso. Kami sempatkan makan siang dan sholat di terminal sembari beberapa teman me-recharge dompetnya di anjungan tunai mandiri . Perjalanan kami lanjutkan dengan bis ekonomi. Selain pengen lebih terasa perjalanan ala backpacknya. Bis ke arah bondowoso termasuk susah kami temui. Jadi saat ada bis ekonomi itu ya kami putuskan saja segera menaikinya. Tarifnya cukup murah. Kalo gak salah 14 ribu rupiah. Perjalanan cukup jauh, bis sempat berhenti di alun2 Besuki untuk cari penumpang. Kami manfaatkan kesempatan itu untuk mampir ke mini market membeli perlengkapan. Di perjalanan bis sempat melewati pembangkit listrik terbesar di Indonesia yang menyuplai energi listrik Jawa dan Bali. Pemandangannya cantik sekali karena saat melewatinya langit sudah dalam keadaan gelap. Lampu2 dan laut di sampingnya begitu sedap dipandang mata. Setelah melewati paiton jalanan semakin berat, sempit, berkelok-kelok dan kanan kirinya jurang. Sempat pula berkenalan dengan dua penumpang yang friendly sampai2 banyak informasi yang bisa kami gali dari mereka untuk memuluskan perjalanan kami. Satu ibu2 yang baru mudik dari jakarta, dan satu lagi mbak2 mahasiswi. Si ibu mau menelfon saudara2nya untuk menanyakan kendaraan terakhir ke ijen. Ah senangnya, baru kenal mau membantu kami. Bahkan sampai menawarkan untuk menginap di rumahnya jika nanti kemalaman dan tidak dapat kendaraan. Sedang mbak yang satunya memberi informasi mengenai kendaraan yang mungkin bisa kami pakai. Kami sempat bertukar nomor HP dengan keduanya. Mbak itu juga menawarkan bantuan mobil pribadi sewaan usaha temannya sebagai alternatif. Kata si novika banyak malaikat yang membantu perjalanankami . Alhamdulillah.
Selepas magrib tibalah kami di terminal bondowoso. Terminalnya tidak terlalu besar tapi sangat bersih. Awalnya kami tanya-tanya ke tukang becak yang menawarkan jasa angkutan. Setelah tahu tujuan kami akan ke ijen, mereka justru tak segan memberi informasi. Informasi yang mengagetkan kami bahwa kendaraan terakhir ke ijen adalah sore tadi jam 5. Telat sudah sepertinya kami harus bermalam di terminal menunggu sampai besok. Sambil sejenak beristirahat, saya dan tri coba cari informasi ke petugas dinas perhubungan yang stanby di kantor terminal. Rupanya mereka punya brosurnya, tapi sayang mereka justru belum pernah ke ijen. Jadi minim sekali informasi yang kami dapat. Informasi yang sama dengan tukang becak di depan. Mereka ternyata tidak berasal dari bondowoso. Ah yasudah kami ijin menggunakan toilet yang kebetulan dikunci. Baiknya mereka membolehkan kami beristirahat di mushola yang terletak di samping kantor terminal. Tapi tidak sampai situ saja kami menyerah. Kami terus berkomunikasi dengan mbak mahasiswi yang kami temui di bis tadi. Lagi-lagi bukan berita baik. Tidak ada kendaraan yang tersedia karena sudah di booking untuk perjalanan esok. Namun masih dicarikan alternatif dari temannya lagi. Ah dapet mobil panther, bersiaplah kami. Eits nanti dulu, tak lama kami dikabari lagi mobil panthernya mau dipakai. Ada APV tadinya bisa juga batal. Terakhir dia tawarkan mobil pick up. Ah gila, kata petugas dishub. Kalian bisa membeku sampai atas. Aku pikir, ah coba saja dulu. OK kita nego harganya. Aku dan cora yang maju. Deal 250 rb PP. Kali ini tidak batal, selang beberapa menit si sopir datang dengan mobil pick up nya. Celetukan pertama si supir yang bikin aku dan cora tertawa habis2an adalah “Mas, tadi yang cewek itu orang batak ya?” hahaha… mungkin logatnya yang kaya orang marah2 yang membuat si mas langsung nebak asal daerah si cora. Setidaknya itu bisa sebagai awal yang baik komunikasi kami dengan si supir. Jadi cepat akrab. Memang mukanya agak seram tapi ternyata lembut bahasanya. Segera setelah kami naikkan barang2 kami di pick up mobil segera meluncur. Mbak thiur dapet jatah duduk di depan. Tak lupa mampir dulu ke minimarket beli perbekalan. Perjalanan seru banget sob. Agak ngeri-ngeri sedap sih. Soalnya jalan yang kami lalui berbatu, hanya cukup untuk satu mobil dan tidak ada penerangan sama sekali karena rumah penduduk juga jarang kami temui. Kami berempat tiduran di bak mobil. Karena mengahadap ke atas, pemandangan langit bener-bener amazing, indah banget langit bertabur bintang. Gak lupa dong foto-foto. Hehe. Karena capek dan suhu udara makin dingin akhirnya kami tertidur. Perjalanan masih panjang ternyata. Mungkin karena medan berat tadi. Tiba-tiba kami dikejutkan dengan bunyi starter mobil kami. Entah karena suhu atau faktor lain mobil susah distarter, mobil mogok. Setelah beberapa kali nyoba alhamdulilllah bisa nyala lagi. Di jalan sempat juga ketemu mobil box yang parkir karena mogok. Entah kemana supirnya. Setelah tiga jam perjalanan kami tiba di pos terakhir dimana mobil diperbolehkan parkir. Selanjutnya kami harus lanjut jalan kaki sampai puncak. Ada rombongan lain yang kami temui dari thailand. Untuk masuk ke kawasan gunung ijen kami harus menandatangani surat pernyataan, karena sebenarnya status gunung ijen masih ditutup untuk umum. Setelah selesai menandatangani dokumen kami segera naik ditemani kuli angkut belerang. Beberapa kilo awal masih bisa bernafas dengan normal. Namun karena jalan semakin menanjak dan udara makin tipis. Fisikku mulai diuji. Nafas mulai susah, otot kaki tegang. Sedang teman-teman lain enjoy-enjoy saja. Bapak-bapak tadi menyarankan istirahat di pos istirahat yang tak lama lagi bakal kami jumpai di depan. Tiba di situ langsung kuluruskan kaki dan minum air mineral yang kami bawa. Selang beberapa menit kami lanjutkan kembali, tapi dasar fisik yang kurang ideal jadi gak bisa kompromi. Jalan beberapa meter harus diselangi berhenti. Maaf ya teman2 perjalanan kalian terhambat. Hehehe . Perjalanan tetap harus dilanjutkan walau harus beberapa kali terhenti. Kami kembali ketemu dengan rombongan turis thailand yang tadi sudah jalan duluan di sebuah warung yang ada di tengah perjalanan. Ada satu turis yang tidak bisa melanjutkan perjalanan lantaran kakinya bermasalah. Sehingga dia memutuskan untuk tinggal di sana sampai esok hari. Kami pun kembali melanjutkan perjalanan saat dirasa fisik sudah kembali segar. Kali ini trek sudah tidak terlalu berat sehingga aku pun sudah tidak masalah dengan nafas. Tiga jam akhirnya sampai juga di kawah ijen sekitar setengah lima pagi. Saya dan novika menyempatkan sholat subuh di alam terbuka. Sedangkan teman2 lain sembunyi di balik batu besar karena gak kuat dengan suhu udara di sana. Sayangnya dari tempat tersebut tidak bisa memantau sunrise. Matahari mulai muncul. Sekitar jam enam kami mulai menyebar untuk ambil gambar. Sayang sekali kawah ijen tertutup kabut walau matahari sudah terlihat penuh. Thiur yang sudah tidak tahan dengan hawa dingin dan angin mengajak kami untuk segera turun. Di perjalanan turun banyak sekali kami jumpai turis dari eropa. Jadi serasa lagi di luar negeri . Oiya, warung yang semalam kami pakai singgah sudah buka. Segelas teh hangat kembali menyegarkan tubuh ini. Perjalanan turun tidak menjadi masalah buatku. Namun karena jalanan agak licin jadi harus extra hati-hati. Sesampainya di bawah toilet dan warung jadi tujuan utama. Toiletnya cukup bersih. Airnya dingin seger. Mie rebus dan minuman hangat kami pesan. Rasa lapar sudah benar2 merasuk. Selesai makan kami segera kembali ke mobil karena perjalanan ke spot wisata slanjutnya harus segera kami tuju. Taman nasional Baluran. Padang rumput yang konon katanya kaya di afrika. Dari ijen kami harus kembali ke terminal bondowoso. Namun si supir pick up menolak karena jalur yang bakal dilewati terlarang untuk mengangkut penumpang di bak. Maka kami diantar ke halte terdekat untuk melanjutkan perjalanan dengan mobil colt ke terminal bondowoso untuk ganti bis yang ke arah banyuwangi. Di jalan mobil tiba-tiba berhenti, rupanya si cora tertarik sama pohon tebu yang terhampar di sepanjang jalan. Si supir pun menyanggupi untuk mencabut satu batang tebu. Jangan ditiru kalo yang ini ya. Hahaha. Lagi-lagi jiwa narsisnya muncul. Hamparan bunga mekar buat kami lompat dari mobil dan ceprat-cepret .
Dari terminal Bondowoso kami pakai bis ekonomi. Perjalanan cukup lama. Sekitar satu jam lebih. Akhirnya tiba tepat di gerbang Taman Nasional Baluran. Setelah tanya-tanya ke petugas kami memutuskan untuk menginap karena hari sudah menjelang sore. Lokasi penginepan cukup jauh dari gerbang. Awalnya sih pengen jalan kaki tapi fisik sudah capek. Udah pengen rebahan. Lagipula kami agak ngeri juga katanya hewan2 liar bebas berkeliaran. Sewalah mobil ranger 75rb kalo gak salah. Benar ternyata perjalanan jauh bener. Kurang lebih 10-15km. Pemandangan alam baluran sepanjang jalan benar2 luar biasa. Cakep bener. Kaya di afrika kalo di tipi-tipi . Sampai di penginepan kami masih dibuat takjub. Penginepannya ala koboy. Namanya pesanggraan bekol. Semuanya dari kayu. Itu merupakan kawasan tempat para petugas taman nasional tinggal saat berjaga. Bagus banget. Gak nyesel deh kami bayar 100rb per kamar. Oiya mobil ranger tadi masih nunggu di bawah buat antar kami ke pantai Bama. Kami segera simpan barang2 bawaan lalu kembali turun. Kamar kami di lantai dua. Kembali kami dibuat takjub. Rusa-rusa liar, burung merak dapat dengan mudah kami jumpai di jalanan menuju pantai bama. Senja menyambut di bibir pantai bama. Kami jumpa lagi dengan salah satu turis lokal yang sebelumnya ketemu di gunung ijen. Mereka Cuma berdua. Kayanya lagi bulan madu. Manfaatkan mereka yuk. Minta fotoin biar formasi lengkap kefoto semua. Hahaha. Senja di bama begitu romantis dengan kapal2 nelayan yang ditinggalkan di bibir pantai. Langit mulai gelap kami segera kembali ke pesanggrahan. Mandi, sholat, bercengkrama di depan kamar sembari recharge gadget kami masing2 karena kata penjaga pesanggrahan listrik hanya sampai jam 9 karena menggunakan mesin diesel. Yasudah toh kami harus istirahat untuk explore taman nasional esok harinya. Untungnya gak panas hawanya. Sayangnya ada satu temen kami yakni Tri pagi-pagi harus balik ke Surabaya karena dia harus kembali ke jakarta dengan kereta yang sudah dibeli tiketnya. Jadi esok hari aku bakal jadi yang terganteng. Wakakak. Ini adalah hari ketiga kami dalam trip backpacking. Tidur semalam nyenyak banget. Pagi-pagi siap dengan kamera dan badan segar wangi. Aku turun dulu ke bawah untuk ambil beberapa gambar di sekitar pesanggrahan. Sementara perempuan masih di kamar. Rupanya mereka mencari2ku. Baru mereka sadari aku sudah di bawah setelahnya. Kami langsung menembus savana tanpa ragu. Ya hasilnya semua kaki badan gatal2. Area yang kami tembus adalah area liar hewan-hewan di sana jadi ya tau sendiri rumput, tanah yang kami lalui itu ya bekas mereka melakukan aktifitas sehari-harinya. Tapi dasar narxis si cora sama thiur santai aja gitu ambil foto tiduran di rumput. Kami sempat terpisah waktu itu. Cora bareng thiur, aku sama novika. Sempet kehilangan jejak mereka. Ternyata mereka nembus semak2 demi gambar . Puas explore balik lagi ke penginepan, mandi lagi karena gatel2 semua, packing lalu pulang. Kali ini tidak dengan mobil ranger, tidak pula jalan kaki. Cewe2 minta antar sama cowo2 yang kebetulan nginap bareng di pesanggrahan bekol. Alhamdulillah mereka mau antar kami dengan motor sampai gerbang. Gila, jaraknya memang jauh banget. Kalo jalan kaki ya lumayan banget. Kompak kami nyari warung buat sarapan. Kenyang… menunya cukup segar karena masih hangat. Selesai makan bingung nih mau naik kendaraan apa untuk kembali ke terminal bondowoso. Iseng nanya sama orang eh malah dapet tumpangan. Syukurlah pemirsa, hajar . Di mobil itu ada empat orang, mereka teknisi salah satu operator gsm. Sang supir dari madura. Ada sedikit kejadian lucu sebelum berangkat. Selesai masuka barang ke bagian belakang mobil si supir bilang masnya di depan kepadaku. Spontan aku langsung nangkring di bangku samping supir lah. Eh taunya maksud si supir aku di tengah. Karena harusnya itu tempat bosnya. Malu lah aku dan hendak pindah. Eh si boss bilang gak usah. Ya sudah . Nah si supir nih bocor banget, bercandanya dari yang membual sampe yang jorok2. Ya karena kita nebeng dan aku satu2nya cowo selain 3 orang temanku di belakangya aku ladenin dikit2 aja lah biar mereka juga nyaman. Mereka sedang dalam perjalanan dari Bali ke Surabaya untuk cek rutin BTS2 mereka. Baiknya kami diantar sampai terminal bondowoso yang jaraknya cukup jauh. Dikasih buah salak pula. Awalnya agak curiga tapi ternyata emang bener-bener baik. Alhamdulillah. Sampai di terminal bondowoso kami harus kehilangan satu orang lagi. Kali ini vika. Dia harus kembali ke magelang karena besoknya harus kembali bekerja. Dalam hati dia masih pengin banget join kami lanjut ke spot wisata berikutnya. Iya kan? . Setelah memastika si vika dapet bis ke terminal purabaya, aku, cora dan thiur lanjut jalan ke jember. Spot berikutnya adalah pantai Papuma jember. Dengan bus ¾ kami meluncur dan turun di sebuah terminal angkot. Rupanya kedatangan kami mau dimanfaatin sama beberapa supir di sana. Mereka pasang harga tinggi. Kalau ngecer katanya harus ganti sampe 3x angkot. Akhirnya ada yang menyanggupi 125rb PP. OK lanjut. Ada kejadian kurang mengenakkan di jalan. Rupanya si supir agak mabuk. Terlihat dari mukanya. Nyupirnya ugal-udalan dan bener angkot kami nyrempet orang sampe hampir kelindas. Cora dan thiur spontan lihat dari kaca belakang. Untung orangnya masih bisa berdiri sedang motornya hancur. Parahnya si supir gak mau berhenti. Bilangnya angkot dia yang disrempet kok. Tiba-tiba hening yang tadinya cair. Dari belakang terlihat dua orang dengan sebuah motor ngejar dan mencatat nomor angkot kami. Si supir tetep gak mau berhenti. Terus jalan mengantar kami sampai papuma. Sampai pantai papuma kami masih hening. Tapi spontan kami bersandiwara. Si cora pura-pura punya penyakit jantung dan syok. Sebenarnya kami Cuma pengen menghindari terlibat urusan kecelakaan tadi. Karena si supir sama kenetnya tidak ada niat baik. Kami juga pura-pura akan menginap. Kami minta ongkosnya sejalan aja. Separuh dari perjanjian awal tadi. Mereka gak mau dan berdalih bahwa kita sudah deal untuk PP. Mana tahu bakal kejadian kaya tadi. Aku gak ambil pusing, kasih aja lah terus beres. Kita ambil hikmahnya saja. Takjub lagi kami oleh alam jawa timur ini. Pantai Papuma airnya biru, bersih dengan kapal nelayan yang sandar berwarna-warni cantik sekali. Ditambah batu-batu karang tinggi besar makin memperindah suasana papuma. Puas kami main2 di pantai Papuma segera cari tumpangan, karena memang tidak ada angkutan dari pantai ini. Pas lagi jalan kaki dari kejauhan ada mobil bak yang baru aja naik. Ah telat…. gak lama ada orang pulang mancing yang nawarin tumpangan. Karena cuma satu ya kita kasih ke Thiur aja yang terlihat capek tuk duluan nebeng. Aku sama cora lanjut jalan cari tumpangan lain. Parahnya jalanan bener2 nanjak hampir 45 derajat. Aku cora siap2 cari tebengan mobil. Ah.. mobil mewah yang lewat kami cuma saling lihat ga berani minta tumpangan . Selang beberapa saat ada kijang kapsul. Ah boleh dicoba ini. Aku naikin jempol pas kijang itu mendekat. Gak nyangka mereka berhenti. Aku pun minta ijin boleh ga kalo ada satu teman lagi di pintu loket yang ikut numpang. Mereka mengiyakan. Di mobil itu ada bapak ibu serta anak dan mantunya. Mereka berempat. Kami bertiga diberi tempat paling belakang. Itu udah bersyukur banget. Udah gitu mereka mau antar kami sampai terminal jember. Dikasih kuwe pula. Karena sudah masuk waktu magrib kami berhenti dulu di sebuah mesjid. Aku sempatkan sholat juga. Sedang cora dan thiur nunggu di mobil. Perjalanan kami lanjutkan kembali. Dari obrolan kami ternyata bapak ini dosen dan orang yang cukup berpengaruh di sana. Itu juga saya tahu pas kami hendak masuk ke terminal si penjaga langsung mengijinkan masuk saat mengenali siapa yang ada di mobil. Ini hari keempat trip backpacking kami yang tinggal bertiga. Buru-buru kami cari warung untuk isi perut yang udah keroncongan. Sate, mie instan yang kami pesan. Gak jauh dari situ terlihat agen perjalanan. Cora dan thiur sempat tanyakan tapi harga tiket sudah melejit. Agak menyesal karena waktu perjalanan ke bondowoso tiket pesawat masih kisaran 400 ribu. Kenapa pilih pesawat?karena kami harus hemat energi untuk masuk kerja besoknya. Deretan warung ini rupanya banyak juga toko oleh2, aku cora beli beberapa makanan khas jember. Aku titipkan ke tas cora yang pada akhirnya aku lupa minta kembali setibanya di jakarta. Aduh. Ikhlas.. ikhlas.. Padahal buat oleh2 temen kantor itu cor. Kembali kami masuk ke terminal untuk cari bis ke arah malang. Malang adalah tujuan terahir kami di jawa timur sebelum bertolak kembali ke Jakarta. Kami tiba di terminal malang dini hari sekitar pukul 3 pagi. Kemudian kami singgah di salah satu warung bakso Malang. Syukur si pemilik mengijinkan kami berlama-lama sambil menunggu pagi. Hari kelima sekaligus hari terahir di jawa timur akan kami manfaatkan untuk keliling kota malang. Nunggu subuh kami gunakan memantau tiket pesawat yang anteng aja harganya gak turun-turun. Mulai pesimis dan akhirnya mbak Thiur nyerah untuk booking tiketnya. Sedang aku sama cora masih kekeuh nunggu sampe pagi atau nyoba beli di agen yang ada beberapa meter dari warung. Jam 8 baru buka dan pemirsa harganya gak berubah. Mungkin banyak juga penumpang yang memilih pulang Senin daripada Minggunya. Yasudah kami melambai ke kamera, kibas bendera putih. Terpaksa nguras tabungan. Karena gak punya cash, bobol ATM terdekat dulu pemirsa. Bayar tiket plus mobil sewaan yang bakal antar ke Juanda , hati tenang walo tabungan terkenang. Sesenggukan. Ikhlas-ikhlas. Sembari nunggu sore kami muter kota malang. Rute pertama naik angkot sampe ke terminal angkot, ah aku lupa namanya. Wisata kulinernya murah-murah banget. Es dua ribuan tapi porsi kenyang, baso Malang, es kelapa, tahu petis, semuanya murah. Jangan kuatir higienis kok jualannya. Karena di terminal itu lingkungannya bersih banget dan hanya angkutan kota saja yang masuk ke situ. Jadi suasana tidak begitu ramai. Udara pun segar. Puas makan dan minum lanjut merapat ke angkot yang bakal bawa ke pusat kota malang. Awalnya kami bisa dibilang nyasar ke spot wisata yang ternyata pemandian / kolam renang umum Tirta Nirwana. Kami hanya jalan-jalan sebentar dan makan lagi. Hehehe. Gak ada yang menarik naik angkot lagi, kali ini mendekat ke pusat kota. Beberapa spot wisata hanya kami lewati seperti batu night spectacular. Baliho Jatim Park dan alun-alun malang yang berisi taman bermain. Kami pun hanya melewatinya. Baru setelah beberapa ratus meter. Si cora pengen balik lagi ke alun-alun tadi. Terpaksa muterlah kami gonta ganti angkot tuk kembali ke tempat tadi karena rute angkotnya muter. Alun-alunya cukup bagus. Ada sebuah bianglala besar yang bisa kita naiki hanyak dengan tarif 3 ribu rupiah satu kali putaran. Namun jangan kuatir. Waktu putarnya cukup lama sehingga kita bisa ambil foto kota malang dan hamparan gunung di sekitarnya dari atas. Indah sekali. Banyak pula disitu patung-patung lampion. Juga rumah-rumahan yang berbentuk buah-buah khas malang seperti apel. Di taman ini tidak ada pedagang asongan karena memang dilarang. Rupanya pemerintah kota malang benar-benar memperhatikan kerapihan dan kebersihan taman ini sehingga masyarakat bisa betah berlama-lama di taman tersebut. Ah, cuaca makin terik. Saatnya kembali ke agen dan tunggu mobil jemputan ke Airport. Liburan sudah berakhir pemirsa. Saatnya kembali ke Jakarta. Jam lima sore kami bertolak dari terminal Malang ke Bandara Juanda. Juanda bagus, lebih bagus dari Soekarno – hatta. Menurutku sih. Sebelum boarding mampir dulu cari pengganjal perut. Selesai makan langsung tuker tiket dan bagasi. Nah kembali pengalaman kurang mengenakkan kembali terjadi sebelum masuk boarding room. Ada deretan toko souvenir sepanjang koridor. Rupanya si cora dan Thiur tertarik untuk sekedar melihat. Aku sholat dulu sebelum terbang. Apes, sial, cobaan datang. Si Cora tak sengaja menjatuhkan kacamata yang berharga 800 ribuan. Entah sengaja atau jatuh sendiri kami juga bingung karena posisi kacamata tidak dipajang dengan baik. Satu per satu orang yang berkepentingan datang. Cora tidak merasa menjatuhkan kacamata itu. Mungkin jatuh sendiri karena posisinya sudah di pinggir. Dari manager pertokoan sampe mungkin puluhan sekuriti bandara datang. Terjadi perdebatan di situ antara kami dan pihak toko. Bahkan cora menantang jika ada CCTV silahkan diputar. Sedang sekuriti hanya menengahi dan cenderung membela kami. Masalahnya itu kacamata kacanya copot. Walo bisa dipasang lagi pihak toko dalam hal ini pelayannya kekeuh minta ganti. Sang manager pertokoan untungnya terlihat orang yang bijak. Dia hanya menjelaskan bawa kacamatanya memang bisa dipasang kembali kacanya, namun siapa tahu nanti copot lagi karena sudah cacat. Secara kasat mata memang gak keliatan, tapi siapa tahu ada lecet-lecet. Beliau juga berusaha membuat kami iba dengan nasib si pelayan jika ketahuan si pemilik toko bahwa ada kacamata jatuh tapi tidak diganti. Entah ini untung atau apa si pemilik toko tidak bisa dihubungi. Sebelumnya penjaga toko sebelah yang masih satu owner juga ngamuk-ngamuk pokoknya harus diganti. Kami bingung juga mau bela pakai kata-kata apa lagi. Uang pun sudah tipis. Sayang juga kalau harus beli kacamata yang hampir sejuta itu. Sedang ditengah perdebatan beberapa sekuriti mengatakan ke kami tidak usah diganti. Sering kok kasus kaya gini. Kata mereka. Mereka membela kami karena kami harus segera ke ruang tunggu karena jam 10 malam waktu boarding kami. Gak lucu kalau kami ketinggalan pesawat karena ribut masalah ini. Alhamdulillah setelah cukup alot berdebat akhirnya mereka melapaskan kami. Si pelayan diinstruksikan oleh manager pertokoan untuk tidak memberitahu ke pemilik toko karena kondisinya sebenarnya sudah kembali seperti sedia kala. Cora hanya dimintai nomor HP saja. Kami pun ke boarding room. Tidur sejenak karena pesawat delay ke jam 11. Jam 11 akhirnya kami terbang ke jakarta. Kembali ke tanah rantau. Padahal masih banyak sekali spot menarik di Jawa Timur. Mungkin suatu saat kami kembali. Sampai di Soekarno Hatta kami nebeng mobil kakak Thiur sampai ke tempat taxi setela sebelumnya mengantar cora ke tempat kosnya. Thiur balik ke rumah aku lanjut pakai taxi ke Cikarang. Kembali ke kenyataan. Sampai jumpa next trip. Pagi menjelang. Woy….. Cora…. oleh2ku ketinggalan di tasmu……….. “oleh2nya gua makan ndra, makasih ya”
-fin-

Mau Mudik Saja Sulit!

Posted: November 3, 2011 in Uncategorized

Sudut kota rantau  19.21 WIB

Sudah lebih dari satu jam yang lalu saya tiba di tempat pangkalan bis ini. Biasa orang-orang menyebutnya pul. Sepertinya sejam dua jam dan berikut kelipatannya pintu warteg yang telah tutup ini akan masih setia jadi sandaranku.eaaa.. Terdengar jelas teriakan-teriakan calon penumpang yang berebut bis karena baru saja petugas armada mengumumkan lewat toa bahwa antrian bis yang ke arah tegal dan pekalongan tidak dilayani lewat loket. Penjualan tiket dilakukan di atas kendaraan lantaran penumpang terlalu banyak. Luar biasa jumlahnya.Pasalnya 2 hari lagi umat Islam akan merayakan idul Adha, sehingga banyak orang ingin berlebaran di kampung halaman. Tujuannya bermacam2 daerah di jawa tengah. Sudah antri berjam-jam kok dibatalkan! Kami tidak bisa berbuat banyak. Seketika itu juga penumpang buyar ambil posisi berebut kursi. Mungkin tidak akan jadi masalah jika armada yang tersedia cukup banyak. Kenyataannya frekuensi bis yang datang ke pangkalan sangat kecil. Hampir setengah jam jaraknya dari satu bis ke bis berikutnya. Setahu saya garasi armada ini tidak jauh dari pangkalan. Sambil lanjut ketak-ketik lewat aplikasi wordpress di android saya kembali terdengar jeritan perempuan nekat ikut berebut bis dengan banyak pria yang juga sedang mencari kursi. Badan lemahnya tergencet badan kasar dan berotot. Ya, sebagian besar mata pencaharian orang-orang ini adalah buruh pabrik. Jadi ya wajar kalo kekar-kekar. Tidak peduli siapapun mereka terjang. Padahal bahaya senantiasa mengintai. Kaki bisa terinjak roda bis yang sedang bergerak, kedorong-dorong lah, jatuh, panas, sumpek, huh! nasib orang kecil. Untung badan saya besar. Hehehe. Belum lagi ulah tangan-tangan ‘jahil’. Bisa-bisa bekal duit ke kampung dan barang berharga kita pindah tempat. Perempuannya bisa jadi objek pelecehan seksual. Tapi seolah mereka tidak perduli yang penting bisa sampe di kampung jumpa sanak famili. Kebahagiaan yang tak terganti. Semoga mereka waspada. Saya sih mending duduk aja.hehe..

Hmmmh..sayangnya armada ini tidak pernah belajar. Momen seperti ini kan tidak sekali dua kali. Tiap tahun bung! Tetap saja terulang terus. Seharusnya kan mereka bisa menebak hari-hari ramai penumpang seperti ini. Tiap ada libur 3 hari, libur nasional dan hari besar agama. Toh kalender tahun depan juga sudah tercetak. Jauh hari mestinya persiapan sudah bisa dilakukan. Penumpang juga rasanya tidak pernah kapok padahal berulang kali mereka rasakan ini. Kenapa tidak memilih travel? atau bis eksekutif yang ratusan ribu? Tidak bisa disalahkan juga. Alasannya klise. Murah dan lumayan nyaman. 50 ribu rupiah untuk kelas eksekutif sit 2-2 bisa sampai ke tujuan. Seharusnya manajemen malu. Mereka pampang spanduk besar yang menyatakan bahwa mereka armada terbaik dan siap melayani penumpang. Tapi apa? Mana? Apa pelayanan mereka? Dimana para pimpinan armada ini berada saat kondisi mulai memanas? Ah mungkin mereka sedang berlibur di australi atau sedang arisan di paris. Jika saja mereka mau belajar dan memperbaiki, pasti kami akan semakin cinta. Kami berani bayar lebih jika pelayanan baik. Sayangnya kami tidak punya banyak pilihan. Armada ini begitu memonopoli. Buat apa melakukan perbaikan? toh penumpang tetep banyak. Tidak usah mencari-cari mereka datang sendiri kok. Kebanyakan usaha yang tidak mempunyai saingan seperti ini memang biasanya demikian. Seperti contohnya jasa angkutan kereta api republik mimpi. Khusnudzon saja deh, mungkin mereka punya masalah internal dan sedang melakukan perbaikan.

Dog..dog..dog….woi!woi!buka!buka!!….. %*$#^*!!!!

Kompak penumpang yang sudah mulai capek ini mengetuk-ngetuk bodi bis seraya meminta kernet membukakan pintu bis yang sedang bergerak memasuki pul. Kernet menyerah, seketika orang-orang brutal melompat ke bis. Awas perhiasan, dompet, HP, dijaga! Awas copet! Lewat megaphone suara sekuriti itu terus mengingatkan perihal barang bawaan kami. Setiap bis datang, penumpang menyemut, teriak-teriak, langsung penuh, kemudian jalan. Macam manusia ini dihewankan saja. Bertumpuk di pintu bis takut tidak bisa terangkut malam ini hingga niatan jadi angan.

20.21 WIB
Masih bersandar di pintu warteg saja dari tadi. Tak mau konyol aku. Ah andai saja tegal punya bandar udara. Tak akan seperti ini. Pulang dulu saja lah, esok kita cari armada lain. Demi ibu.

Bosen Galau!

Posted: November 2, 2011 in Uncategorized

Nov 2nd 2011 23.00WIB
Wah,tadi siang ujan gede banget cuy. Alhamdulillah, perdana setelah sebelumnya diawali dengan hujan-hujan kecil di akhir oktober. Rasanya kaya habis ngeliat si Doi. Adem benerrrrr hawanya… hehehe. Secara akhir2 ini banyak penampakan kipas angin portable di meja2 kolega kantor. Maklum, yang punya pabrik lagi ngirit. Jadi ACnya disumpel pake tisu kaya di bis malam. Bahkan bos expatriat saya paling keren. Bawa kipas angin yang gede. Hahaha. Kocak nih si bos. Dia tuh emang orangnya paling gak tahan panas dan gak tahan diem *Ups. Kadang kalo dia ngobrol aja volumenya kayak orang lagi berantem. Paling nyleneh deh.

Owalah,ini malah jadi bahas si boss. Woya… “galau”, kata yang populer banget nih di 2011 ini. Terutama kalangan remaja labil. Sering disebut pula ababil (ABG labil). Tapi kenyataannya sindrom galau ini gak cuma nyerang ababil, yang dewasa juga. Terutama yang “jomblo ngenes”, ejekan khas senior saya di DKM An Nahl. Definisi singkat tentang galau menurut saya adalah perasaan tidak menentu. Mau apa-apa gak enak. Ya karena mau sms, telpon atau jalan sama pujaan hati gak bisa, orang gak punya. Hehe. Semoga kalo predikat itu sudah purna, saya tidak akan ngebuly junior. Karena emang gak enak bro rasanya. Hahah. Curcol.

Kali ini saya coba maknai galau lebih luas. Jadi menurut saya perasaan tidak menentu itu tidak melulu soal pacar, pujaan hati, doi atau apalah sebutannya itu. Galau juga bisa kita rasakan  ketika kita dihadapkan dengan suatu pilihan hidup. Bisa tentang sekolah, kuliah, kerjaan dan lain sebagainya. Yap betul, kata lainnya adalah bimbang meragu #halah. Seperti yang sedang saya alami saat ini. Satu sisi pengen keluar dari kerjaan sekarang dan membangun bisnis mandiri di luar, sisi lain tetap setia sama yang pasti-pasti aja. Digaji sekian juta tiap bulannya dengan target karir di depan mata. Gak usah mumet-mumet. Seketika teringat kata-kata dari pengusaha lele di kickandy bahwa sepintar-pintarnya seseorang jika masih menjadi bagian dari rencana orang lain tidak akan bisa berkembang lebih maksimal. Mestinya bisa lebih berharga atas potensi diri yang ada malah jadi terkungkung. Otak kanan saya mengiyakan namun si otak kiri gak rela. Padahal kalo lagi asik di kanan rasanya kayak ketemu pacar. Huh! Jadi jalan tengahnya apa nih? Tidak ada cuy! Yang ada ambil jalan kanan atau kiri. Jika ambil tengah nabrak pembatas masbro. Jadi kesimpulannya, pilih salah satu fokus dan istikomah. Jangan lupa berdoa. Sampai jumpa di jalan halus yang Allah SWT ridloi. Bosen galau cuy..

Muslim Prayer Time

Posted: Oktober 14, 2011 in Uncategorized

Tegal Punya Kaos Oblong

Posted: Oktober 11, 2011 in Uncategorized

Alhamdulillah yah.. sesuatu banget.. #halah… Usaha yang dirintis oleh sekawanan anak muda ini menjadi menarik ketika mereka menyisipkan nilai-nilai budaya kota Tegal dalam karya-karya mereka. Bisnis kaos/T-shirt yang dimulai sejak tahun 2010 ini sudah banyak menerima respon positif dari masyarakat. Bagaimana tidak, desain-desain yang diangkat tentang seluk beluk tegal bisa mewakili kecintaan setiap warga dengan tanah kelahirannya itu melalui kaos/T-shirt yang dipakainya.  Usaha mereka ini pun pernah juga diangkat oleh salah satu media cetak utama jawa tengah- Suara Merdeka.

Mari kita apresiasi..

Semoga sukses..

Photobucket

Blenderku Berhenti Berputar

Posted: November 24, 2009 in Ladang Usaha
Tag:

Sembilan bulan kurang seminggu. Ya, kira-kira segitulah umur dari blender yang setiap harinya bekerja keras memutar kipas besinya demi menghasilkan kertas-kertas bernilai buat tuannya. Seakan ia berfirasat bahwa masa kerjanya telah berakhir. Wew, rasanya pengen nangis (:D hehe, lebay). Sedikit gambaran mengenai satu unit usahaku yang akhirnya akan gulung tikar. Sebelum pada nangis semua, saya ceritakan dulu awal mula memulai usaha ini. hihi.

Usaha ini saya mulai bersama teman saya (adit) sekitar sembilan bulan yang lalu, tepatnya tanggal 1 Maret 2009. Warung jus yang kami namakan “adindra” juice and snack ini tercetus saat kami sering mampir ke warung jus selepas berolah raga-fitness. Pemiliknya seorang keturunan tionghoa yang lumayan cantik dan ramah. Hehe. Setiap saat datang ke warung itu selalu ngantri, gak pernah rasanya warung itu terlihat sepi. Nah, terbersitlah ide untung membuat tandingannya. Kalo dipikir2, saya duduk 15 menit aja disitu udah 5 sampe 10 gelas es jus tersaji, baik yang diminum disitu maupun yang dibawa pulang (take away). Segelasnya 5 ribu. Bayangin aja 5x10rb=50rb/15 menit, Baca entri selengkapnya »

sikdikutakkutik

Posted: November 22, 2009 in Uncategorized

Thanks for visitting….

But,  i am very sory that this blog :

See you next time.

joomla vs blog

Posted: November 22, 2009 in Uncategorized
Tag:

Saat ini Big blogger Amriltg sedang beraksi @samikuring field…

Awal mula ikutan training ini saya diajak oleh teman sekantor, mas praset namanya. Tiketnya cukup waw, tapi kupikir dibanding materi yang akan didapat sih kayanya gak seberapa (jieh,somkit). Bismillah, niat menunda ilmu kujalani. Minggu pagi jam 6 sudah mulai siap2 n pergi ke kosan mas praset. Sebelumnya udah janjian sih mo datang jam 7, karena kupikir acaranya jam 8 😀 , eh ternyata pemirsa!pe e pe em imi irsa! acaranya jam 9. Wal hasil jadi nunggu deh di kosan mas praset sampe jam 8 lebih. Setelah nunggu beliau kelar bersolek akhirnya kita jalan ke tempat pelatihan (rm samikuring). Sebelumnya sarapan dolo (ketoprak cikbar depan masjid sekitar pasimal). Hmmm, kenyang.. berangkat!!! Baca entri selengkapnya »

Mukaddimah (New Beginning)

Posted: September 5, 2009 in Uncategorized

Setelah sekian lama cuman liat-liat blog orang, akhirnya kuputuskan untuk membuatnya sendiri. Siapa tahu bisa jadi tempat saya sekedar corat-coret meluapkan emosi. Bisa jadi sebagai tempat nongkrong teman-teman saya nantinya. Atau malah jadi awal cikal bakal saya jadi penulis?hahaha.. Lebay (kata bocah2 gaul jaman sekarang). Hmmm… dengan membaca Bismillahirrahmannirrahim… Saya nyatakan Blog ini terbuka untuk umum. Semoga bermanfaat. Hehehehe…. New beginning to start a new life… Like a sun rising up…

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!